Kucing Pedigree

Kucing yang sudah menjadi bagian dari hidup kita sejak ribuan tahun yang lalu memiliki beragam ras dengan ciri-ciri dan karakternya masing-masing. Mulai dari kucing berbulu panjang atau pendek, ekor panjang, pendek, telinga tegak, tertutup atau telinga melingkar ke atas, hidung pesek atau mancung. Varian warna pun memiliki kecantikan tersendiri. Warna solid, dua warna (bicolor) berpola garis (tabby) dengan ragam yang cukup banyak. Sangat banyak sekali ragam kucing dengan perbedaan yang terkadang sedikit sehingga satu dengan yang lainnya memiliki kemiripan. Keragaman tersebut bagi breeder yang cukup lama mendalami dunia ini tentu akan sangat mudah. Namun bagi pemula tentunya memiliki kerepotan tersendiri untuk menentukan ras kucing tertentu.

Dalam hobi ini kita akan merujuk pada beberapa organisasi yang memiliki tujuan menjaga dan juga menentukan akan kemurnian ras kucing. Sebut saja CFA, FIFe, TICA, dll mengeluarkan satu legitimasi akan kemurnian ras berdasar sertifikat kemurnian ras (sertifikat pedigree). Tentunya kemurnian ras ini tidak akan lepas dari silsilah si kucing itu sendiri. Dalam sertifikat pedigree ini akan disertakan silsilah orang tua dengan nomor registrasinya.

Kucing ped (pedigree) berarti kucing ras yang memiliki sertifikat organisasi yang disertai dengan silsilah keturunannya sebagai satu bukti akan kemurnian rasnya. Sertifikat pedigree itu sendiri hanya bisa dikeluarkan oleh breeder yang terdaftar dalam organisasi sebagai cattery. Tentunya menjadi tugas yang tidak mudah bagi cattery adalah tetap menjaga kemurnian ras.

Selain berfungsi sebagai satu bukti akan kemurnian ras seekor kucing tentunya sertifikat pedigree yang disertai nomor registasi kucing tersebut juga berfungsi sebagai syarat untuk mengikuti ajang kontes kucing. Tentunya banyak sekali kontes kucing berafiliasi organisasi internasional untuk diikuti bagi kucing-kucing ped (pedigree).

Dengan memiliki kucing pedigree tetunya selain turut serta dalam menjaga kemurnian ras tentunya menjadi ajang pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kita dalam merawat kucing kita yang juga terukur dalam kontes kucing berajang Internasional