Hewan peliharaan (kucing) dan anak-anak.

Oleh : Fadly Fuad, Mizu Cattery & praktisi perkembangan anak.

Hewan peliharaan yang secara harafiah bisa berarti hewan yang dipelihara. Dengan ragam jenis dan rasnya hewan yang dapat dipelihara tentunya adalah hewan yang telah didomestikan. Bukan sembarang hewan bisa dijadikan sebagai peliharaan, hewan liar dan atau yang dilindungi misalnya.

Salah satu hewan yang dapat dipelihara adalah kucing. Kucing sejak ribuan tahun lalu sudah menjadi hewan peliharaan. Literaturnya dapat kita lihat dalam tulisan Mesir Kuno (Hilogrif) di mana kita bisa melihat gambar kucing sebagai bukti keberadaan kucing pada masa itu.

Ragam dan ratusan ras kucing yang ada di sekitar kita. Namun bagi kami kucing Maine Coon yang menarik hati. Kucing yang originnya dari Maine, Amerika memiliki karakterisitik yang lembut, senang bermain, pintar juga memiliki postur istimewa. Besar!! Memutuskan untuk adopsi kucing Maine Coon berarti harus menyiapkan diri untuk masuk dunia raksasa para kucing. Dengan berat bisa mencapai 12kg, kita akan terpesona dengan penampilannya yang gagah. Sebutan Gentle Giant pun layak disandingnya.

Adopsi kucing Maine Coon dan menjadikannya anggota keluarga kita menjadi rumah penuh dengan keceriaan. Karakteristiknya yang menyenangkan akan cocok dengan anggota keluarga lainnya. Anak-anak misalnya. Fase perkembangan anak yang mengalami berbagai proses belajar salah satunya bisa menggunakan media “memelihara hewan peliharaan”. Dengan mengambil keputusan untuk adopsi kucing Maine Coon sebagai bagian anggota keluarga juga bisa melatih anak kita belajar bertanggung jawab, mengenal mahluk ciptaan Tuhan, dan merangsang perkembangan motorik anak.

Bertanggung jawab akan kesejahteraan hewan peliharaan, merupakan salah satu landasan dasar dalam proses belajar anak. Anak-anak dapat belajar menghargai, bahwa sesama mahluk ciptaan Tuhan tidak boleh disakiti, juga dipertahankan kesehatannya. Mengajak anak ke dokter hewan untuk proses vaksinasi hewan peliharaannya merupakan contoh nyata untuk mengajarkan pada anak  belajar bertanggung jawab. Selain itu juga dengan menghadirkan hewan peliharaan di dalam rumah, mengenalkan kepada anak-anak akan mahluk hidup ciptaan Tuhan.

Kucing Maine Coon yang senang bermain dapat dijadikan teman spesial untuk kita dan anak-anak kita. Energi kucing Maine Coon yang besar membuatnya sangat aktif, melompat, berlari dan juga cepat tanggap dalam merespon mainan. Mengajak anak kita untuk mengejar atau sekedar bermain tongkat tali yang menarik perhatian kucing kita, bisa merangsang perkembangan motorik anak.

Mengajak anak untuk mengunjungi Cattery atau pembiak hewan peliharaan sebelum diadopsi merupakan satu langkah awal untuk mengenalkan anak akan hewan yang dipeliharanya kelak. Dari cattery kita bisa banyak mendapatkan  informasi tentang asal muasal calon keluarga baru yang akan kita adopsi. Tentunya dari pengalaman ini sang anak akan mengenal sebuah proses bahwa ada proses pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan.

Selamat mencoba mengenalkan hewan peliharaan untuk anak-anak kita.

Kenapa adopsi kucing Maine Coon? Karena mereka luar biasa dan istimewa dan layak menjadi sahabat kita juga anak-anak kita.

mizu cattery