Hairballs Pada Kucing

Apa itu hairball?

Menerjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, hairball berarti bola bulu. Hubungannya dengan kucing hairball adalah kumpulan bulu kucing yang tersimpan di dalam saluran penceraan dan dikeluarkan dalam bentuk muntahan.

Apa yang membuat bulu kucing terkumpul di saluran pencernaan? Bukan berarti kucing memakan bulu tersebut, tetapi ketika kucing menjilati tubuhnya secara tidak sengaja bulu yang terlepas dari tubuhnya termakan dan masuk ke dalam tubuhnya. Hairball akan sangat berbahaya bila tidak dikeluarkan. Biasanya hairball akan keluar dari tubuh kucing berbentuk muntahan atau juga keluar bersamaan dengan kotoran hasil pencernaan.

Untuk kucing berbulu panjang, persia, maine coon, norwegian forest cat (nfc) dan jenis lainnya memiliki kecenderungan hairball lebih sering. Meski tampak teratur terkadang frekuensi hairball yang berjauhan dari periode 1 ke periode yang lainnya membuat kita sedikit panik. Tetapi dengan adanya muntahan yang mengandung bulu kucing, bisa membuat kita lebih tenang.

Bagaimana mengatasi hairball? tentunya perawatan menjadi satu cara untuk mengatasi juga membatasi frekuensi hair ball. dengan rutin menyisir bulu kucing tentunya akan membantu mengangkat bulu mati menjadi tidak termakan ketika kucing kita menjilat tubuhnya. Selain itu berbagai produk makanan saat ini banyak dilengkapi dengan menu khusus untuk mengatasi hairball. Membantu mengeluarkan hairball melalui saluran pembuangan pencernaan salah satunya.

Ternyata dengan rajin menggrooming kucing kita, selain makin terlihat cantik juga bisa mengatasi hairball. Semoga kucing cat lover semua semakin cantik dan sehat-sehat.

Mizu Maine Coon
Mainecoon Cattery in Bandung